MITRA VALORA NEWS

Kamis, 2020-11-26 21:48 WIB

KPU Tanahdatar Sosialisasikan Pilkada ke Mahasiswa IAIN Batusangkar

<p>KPU Tanahdatar Sosialisasikan Pilkada ke Mahasiswa IAIN Batusangkar<p>

VALORAnews - Rektor IAIN Batusangkar, diwakili Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr Sirajul Munir membuka kegiatan KPU Goes to Campus, Kamis...

Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kejar Status Zona Hijau

Penyelenggara-Pengawas Pemilu Kecamatan Situjuah Limo Nagari Jalani Tes Swab

AI Mangindo Kayo | Rabu, 24-06-2020 | 17:36 WIB | 192 klik | Kab. Lima Puluh Kota
<p>Penyelenggara-Pengawas Pemilu Kecamatan Situjuah Limo Nagari Jalani Tes Swab<p>

Tim Dinkes Limapuluh Kota bekerjasama dengan Tim Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid19 Kecamatan Situjuah Limo Nagari, melakukan tes swab secara mandiri guna memastikan wilayah bebas dari Covid19 atau dinyatakan zona hijau. Test swab ini digelar di kantor camat Situjuah Limo Nagari, Rabu (24/6/2020). (mardikola/valoranews)

VALORAnews - Tim Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota, melakukan tes swab secara mandiri di daerah itu guna memastikan wilayah bebas dari Covid19 atau dinyatakan zona hijau.

Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid19Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Rahmad Hidayat mengatakan, agar dapat dinyatakan zona hijau, Kecamatan Situjuah Limo Nagari minimal melakukan uji swab pada 90 sampel.

"Saat ini, Situjuah sudah melewati angka target tersebut. Tinggal saat ini kita menunggu hasilnya," kata dia didampingi Kepala Puskesmas Situjuah, Ns Masril di kantor camat, Rabu (24/6/2020).


Ia mengatakan, tes swab tersebut merupakan program dari Dinas Kesehatan. Untuk Kecamatan Situjuah Limo Nagari, jadwalnya bergabung dengan Kec Akabiluru beberapa hari lalu.

Namun, kata dia, karena tidak sampai kuota 90, maka tim gugus kecamatan meminta kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kita, untuk melakukan swab secara mandiri di Kecamatan Situjuah Limo Nagari dan mereka menyanggupi.

"Setelah adanya kesediaan Dinkes mendatangkan tim medis berserta perlengkapannya, maka kita undang pihak-pihak yang akan di tes swab," katanya.

Menurutnya, yang diundang untuk tes swab itu di antaranya perangkat desa/nagari, Linmas, wali nagari, ketua lembaga, Pendamping Sosial PKH, kader Posyandu dan pendamping desa.

Selain itu, juga penyelenggara pemilu, berupa PPK dan PPS serta pengawas pemilihan Panwascam hingga PPL.

Rahmad menilai, para pemangku kepentingan tersebut intensitasnya bersentuhan dengan masyarakat sangat tinggi. Apalagi bagi penyelenggara pemilu dan pengawas pemilu, yang mana tidak berapa lama lagi kegiatannya di masyarakat sangat padat.

Ia menambahkan, kegiatan tes swab tersebut untuk memastikan wilayah/daerah bebas dari Covid19 atau menuju zona hijau.

"Untuk memastikan perlu dilakukan tes swab dan tidak bisa dengan perkiraan saja," pungkasnya.

Terpisah, Komisioner KPU Limapuluh Kota, Amfreizer mengatakan, mengapresiasi serta mengucapkan terima kasih atas langkah cepat Tim Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid19Kecamatan Situjuah Limo Nagari, yang telah berinisiatif memfasilitasi tes swab bagi penyelengara pemilu.

"Selain itu juga ucapan terima kasih kepada dinas kesehatan yang telah memfasilitasi tes swab ini," kata komisioner bidang hukum dan pengawasan itu.

Kegiatan tersebut, katanya, sebagai upaya untuk memastikan penyelenggara pemilu bebas dari Covid19 atau virus corona dan berharap semua hasil tesnya negatif.

"KPU juga menganjurkan adanya tes swab tersebut. Sebelum diminta, kawan-kawan sudah terlebih dulu melakukannya. Ini tentunya berkat adanya kerja sama yang baik antara PPK dan PPS dengan camat serta instansi terkait di wilayahnya masing-masing," tambahnya. (mdi)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kab. Lima Puluh Kota