MITRA VALORA NEWS

Kamis, 2020-11-26 21:48 WIB

KPU Tanahdatar Sosialisasikan Pilkada ke Mahasiswa IAIN Batusangkar

<p>KPU Tanahdatar Sosialisasikan Pilkada ke Mahasiswa IAIN Batusangkar<p>

VALORAnews - Rektor IAIN Batusangkar, diwakili Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr Sirajul Munir membuka kegiatan KPU Goes to Campus, Kamis...

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanahdatar Susun Rencana Aksi Kampung Inkuiri

AI Mangindo Kayo | Jumat, 26-06-2020 | 21:27 WIB | 516 klik | Kab. Tanah Datar
<p>Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanahdatar Susun Rencana Aksi Kampung Inkuiri<p>

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Tanahdatar, Riswandi memimpin rapat secara virtual di gedung Indo Jalito, Jumat (26/6/2020) mengupas tentang kesiapan Kampung Inkuiri di daerah itu. (jheni rahmad/valoranews)

VALORAnews -- Kampung inkuiri yaitu sebuah konsep dalam menyiapkan anak-anak usia dini melalui lembaga PAUD non formal maupun formal, dengan mengenali pembelajaran berbasis inkuiri.

Artinya, anak difasilitasi bisa mengamati, menganalisis dan menyimpulkan sendiri dari media pembelajaran yang disiapkan guru atau memanfaatkan materi alam, sehingga konsep alam takambang jadi guru menjadi hal yang tidak asing bagi anak-anak usia dini.

Rencana aksi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanahdatar, untuk mewujudkan Kampung Inkuiri, dilakukan melalui tahapan persiapan, pelaksanaan dan tindak lanjut. Untuk tahap persiapan, dilakukan pengumpulan data, Workshop Guru Kreatif (WGK) yang diiikuti berbagai unsur, ToT WGK dan Focus Group Discussion.


Tahap pelaksanaan, berupa implementasi oleh guru dan pendamping melakukan pembinaan serta tahap tindak lanjut berupa pendamping melakukan evaluasi dan melaporkan perkembangan kemajuan program kampung inkuiri.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Tanahdatar, Riswandi menjelaskan, dalam kegiatan ini perangkat daerah terkait menyampaikan dukungan dan rencana aksinya sesuai tugas dan fungsi yang dimiliki untuk mendukung suksesnya Kampung Inkuri di Tanahdatar.

"Pemerintah daerah tentunya sangat mendukung kegiatan ini, karena sesuai visi dan misi Tanahdatar memprioritaskan pembangunan SDM yang dimulai dari usia dini serta bisa mendukung penciptaan generasi muda lebih berkualitas untuk turut sukseskan Indonesia Emas 2045 nantinya," jelas Riswandi.

Kegiatan ini merupakan tindaklanjut telah diluncurkannya Kabupaten Tanahdatar jadi Kampung Inkuiri "Alam Takambang Jadi Guru" awal bulan Juni 2020 ini oleh Bupati Tanahdatar. Perangkat Pemerintah Daerah terkait dan Himpaudi Tanahdatar, memaparkan dukungan dan rencana aksinya dalam acara Kabar Kampung Inkuiri Tanah Datar di Himpaudi TV Online yang digelar secara virtual bersama Ketua Umum PP Himpaudi, Bunda Netti Herawati dan juga diikuti secara virtual oleh Ketua PW Himpaudi Sumbar Bunda Nevi Zuairina.

Kegiatan dilaksanakan secara virtual di Gedung Indo Jolito Batusangkar, Jumat (26/6/2020). Acara ini dihadiri Kepala Perangkat Daerah terkait dan Ketua PD Himpaudi Tanahdatar, Bunda Emi Irdinasyah beserta pengurus.

Turut memaparkan rencana aksinya, Kadis Pangan dan Perikanan, Daryanto Sabir, Kadis Kesehatan, dr Yesrita Zedrianis, Kadis PMDPPKB, Nofenril, Kadis Pertanian, Yulfiardi, Kadis Sosial, Yuhardi, Kadis Arsip dan Perpustakaan, Erizal ramli dan Kadis Parpora, Abdul Hakim.

Sementara, Emi Irdinansyah yang juga Bunda PAUD Tanahdatar menyampaikan, untuk sukses pelaksanaan Program Kampung Inkuri, perlu kolaborasi yang terintegrasi dari masing-masing perangkat daerah.

"Program Kampung Inkuiri merupakan program kolaborasi, tidak cukup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Himpaudi, IGTKI dan IGRA tetapi melibatkan lintas sektor," urai Emi.

Ditambahkannya, Himpaudi Tanahdatar dalam rencana aksinya akan melakukan pembinaan kelompok Dasawisma di nagari-nagari dalam mendukung kegiatan PAUD yang ada di wilayah nagari serta pemetaan anak berdasarkan usia, peningkatan kapasitas PAUD, BKB dan UP2K-PKK, penerapan karakter positif sesuai budaya Minangkabau, Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS SBK).

Alam takambang jadi guru melalui kegiatan kelas ibu Kreatif, optimalisasi kegiatan PAUD terintegrasi dengan posyandu dan BKB dengan orientasi dan lomba Lembaga beserta Pendidik PAUD berprestasi yang akan dikaitkan dengan kampung Inkuiri. Pembinaan nagari percontohan Inkuiri serta akan memperjuang hak pendidik PAUD di Musrenbang.

"Semoga kolaborasi ini akan semakin meningkatkan kualitas PAUD dan menghasilkan generasi penerus yang memiliki pemikiran dan kualitas lebih baik di masa datang," pungkasnya.

Setelah vidcon, dilanjutkan dengan rapat koordinasi yang dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen dengan agenda penyusunan program dan tindak lanjut mulai tingkat kabupaten, kecamatan sampai tingkat nagari. (jen)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar