MITRA VALORA NEWS

Kamis, 2020-08-06 19:53 WIB

Empat Kelahiran di Malalak, Seorang Penderita Stunting

<p>Empat Kelahiran di Malalak, Seorang Penderita Stunting<p>

VALORAnews - Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria menilai, stunting bisa ditekan melalui gerakan bersama. Tapi, jangan pernah sekali-kali...

TMMD di Nagari Panyalaian Tuntaskan Pembangunan Jalan Sepanjang 2,8 Km

AI Mangindo Kayo | Rabu, 29-07-2020 | 16:36 WIB | 174 klik | Kab. Tanah Datar
<p>TMMD di Nagari Panyalaian Tuntaskan Pembangunan Jalan Sepanjang 2,8 Km<p>

Kasrem 032 Wirabraja, Kolonel Inf Amrizen, menggunting pita tanda berakhirnya pembukaan jalan sepanjang 2,8 Km di Nagari Panyalaian, Kecamatan X Koto, Tanahdatar, melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), Rabu (29/7/2020). (jheni rahmad/valoranews)

VALORAnews - Genap satu bulan Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersama masyarakat Nagari Panyalaian, Kecamatan X Koto berjibaku membuka akses jalan baru melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Kini jalan sepanjang 2,8 KM itu sudah bisa dimanfaatkan masyarakat, baik sebagai akses jalan produksi pertanian maupun jalan pintas menuju jalan raya.

Usai ditutup kegiatan TMMD yang ke-108 oleh Kasrem 032 Wirabraja, Kolonel Inf Amrizen, Rabu (29/7/2020) di Gazebo Gedung Indo Jolito Batusangkar yang ditandai dengan pukul gong, rombongan langsung turun ke lokasi di Nagari Panyalaian.

Dikatakan Kolonel Amrizen, jalan yang dibuka baru tersebut sangat bermanfaat bagi peningkatan ekonomi masyarakat, karena sangat memudahkan mobilisasi hasil-hasil pertanian masyarakat.


"Jalan ini dibuka sangat strategis, sehingga sangat menguntungkan bagi masyarakat, dapat meningkatkan perekonomian dan memudahkan transportasi, selain itu kemanunggalan TNI dengan masyarakat akan dapat menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa," ucapnya.

Dia juga memuji dan apresiasi dukungan Pemerintah Kabupaten Tanahdatar serta masyarakat Nagari Panyalaian, yang memiliki antusias cukup tinggi ikut berbaur bersama TNI wilayah Kodim 0307 Tanahdatar dibantu Batalyon 131 Payakumbuh melaksanakan giat TMMD ke-108 itu.

Dia juga berharap pada pemerintah daerah, usai TNI buka jalan baru ini, ke depan agar dapat ditingkatkan untuk pengerasan maupun diaspal, sehingga pemanfaatannya lebih maksimal dan masyarakat pemanfaat juga merasa nyaman.

Pada kesempatan itu, Dandim 0307 Tanahdatar, Edi S Harahap menyampaikan harapan pada masyarakat, agar memanfaatkan jalan yang baru dibangun tersebut dengan sebaik-baiknya, sehingga manfaatnya betul-betul dirasakan.

"Kita juga berharap kepada pemerintah daerah agar jalan ini ke depannya dapat ditingkatkan sehingga lebih baik lagi, baik dirabat beton ataupun diaspal, dari segi ekonomi dengan dibukanya jalan ini dapat mengurangi biaya produksi dan biaya angkut hasil pertanian," ucap dia.

Sementara, untuk kendala selama pengerjaan, Edi mengatakan, karena kontur tanah bervariasi seperti rawa, bukit dan areal persawahan serta banyaknya saluran irigasi sehingga banyak juga pemasangan gorong-gorong, semula direncanakan 4 gorong-gorong menjadi 17, selain itu hujan juga menjadi kendala.

Dengan dibukanya jalan baru lebar 6 meter yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kolonel Amrizen itu, jalan tersebut sudah bisa dimanfaatkan masyarakat.

Turut mendampingi saat meninjau jalan dan pengguntingan pita tersebut, Plh Sekda Tanahdatar, Edi Susanto, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Suhermen, Kepala Dinas PMDPPKB, Nofenril dan beberapa pejabat daerah, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.(jen)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar