MITRA VALORA NEWS

Potong 10 Sapi dan 3 Kambing

IIPG Partai Golkar Sumbar Masak 100 Kg Daging Qurban jadi Rendang

AI Mangindo Kayo | Sabtu, 01-08-2020 | 21:37 WIB | 157 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>IIPG Partai Golkar Sumbar Masak 100 Kg Daging Qurban jadi Rendang<p>

Ketua Partai Golkar Sumbar, H Khairunnas bersama istri, Hj Erniati mengaduk rendang yang dimasak di halaman parkir kantor Partai Golkar di Jl Rasuna Said, Padang, Sabtu (1/8/2020). Daging rendang ini diperuntukan kaum dhuafa. (istimewa)

VALORAnews - Partai Golkar Sumbar, memotong 13 ekor hewan qurban pada Idul Adha 1441 H/2020 M. Terdiri dari 10 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Sebanyak 100 kg daging dari sapi-sapi qurban itu, langsung dimasak oleh ibu-ibu yang tergabung dalam Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) jadi rendang.

"Rendang ini dikhususkan untuk keluarga tak mampu yang ada di sekitaran Kota Padang. Dengan daging yang sudah jadi rendang ini, mereka bisa menikmati langsung tanpa harus memikirkan biaya untuk memasaknya," ungkap Ketua Partai Golkar Sumbar, H Khairunnas, Sabtu (1/8/2020).

Bersama istri, Hj Erniati, Khairunnas ikut langsung mengaduk rendang. Menjelang matang, aroma wangi rendang begitu semerbak dari lokasi parkir kantor Partai Golkar Sumbar di Jl Rasuna Said, Padang, yang disulap jadi dapur memasak rendang.


Khairunas juga mengucapkan terima kasih dan memuji terobosan yang dilakukan ibu-ibu IIPG dan panitia qurban Partai Golkar Sumbar. Dimana, seluruh proses, mulai dari pemotongan hingga proses pendistribusian, mengutamakan protokol kesehatan masa kenormalan baru pandemi Covid19.

Sementara, Hj Erniati mengatakan, rendang ini disebar ke kelompok masyarakat kurang mampu di Padang. Sehingga, masyarakat dhu'afa atau kurang mampu, bisa langsung menikmati daging qurban tanpa memikirkan lagi biaya untuk memasaknya.

"Diharapkan, di tahun depan, peserta qurban dari pengurus Partai Golkar Sumbar bisa dua kali lipat dibanding tahun ini," harap Hj Erniati.

Bagikan 1.000 Kupon

Ketua Pelaksana Qurban Partai Golkar Sumbar, Wilda Qudsi Mirawati mengatakan, peserta qurban kali ini terdiri dari pengurus, anggota fraksi, fungsionaris dan kader Partai Golkar dari berbagai daerah dan tingkatan. Kepanitian dibentuk berdasarkan instruksi Ketua Partai Golkar Sumbar, H Khairunas dalam rapat harian sebulan lalu.

"Kepanitian yang dibentuk lebih awal, membuat kita punya persiapan lebih lama. Karena kita tengah berada di masa kenormalan baru pandemi Covid19, membuat kita mesti merancang sejumlah terobosan disebabkan lesunya perekonomian masyarakat," ungkap Mira.

Terobosan pertama, terang Mira, yaitu menghilangkan kerumunan orang dalam proses penyembelihan. Untuk itu, dilaksanakan penyembelihan di rumah potong hewan (RPH) milik Pemko Padang.

Inovasi selanjutnya, daging qurban sebanyak 1.000 kantong kresek, dibagikan langsung oleh kader-kader Partai Golkar pada berbagai keluarga tak mampu, yang tersebar di 11 kecamatan yang ada di ibu kota provinsi Sumbar ini.

Kemudian, langsungmasak daging qurban jadi randang, yang telah jadi ikon kuliner Ranah Minang. Dimana, sejak masuk kategori masakan terenak di dunia versi CNN Travel lalu jadi salah satu menu kuliner yang dimasakan koki kenamaan dunia pada program Gordon Ramsay: Uncharted Season 2 episode Sumatra's Stunning Highlands, popularitas rendang makin mengangkat nama Sumbar di mata masyarakat dunia.

Diketahui, Gordon Ramsay, koki berkebangsaan Inggris ini, adu masak rendang dengan pakar kuliner Indonesia, William Wongso di Istana Basa Pagaruyung, Batusangkar, Tanahdatar. Program ini, kemudian ditayangkan secara global di saluran National Geographic.

Saat itu, Ramsay memasak rendang versinya sendiri. Sementara, William memasak rendang versi tradisional.

"Marandang daging qurban ini, secara tak langsung merupakan salah satu kontribusi Partai Golkar dalam mempromosikan potensi wisata Sumbar di masa kenormalan baru ini," ungkap Mira.

Atas inovasi panitia ini, Khairunnas yang juga calon kuat bupati Solsel pada pemilihan serentak 2020 itu berharap, pengurus dan anggota fraksi Partai Golkar makin banyak ikut berpartisipasi di pelaksanaan tahun depan.

"Semakin banyak kader yang jadi peserta qurban, semakin banyak pula Partai Golkar bisa berbagi pada masyarakat," jelasnya. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar