MITRA VALORA NEWS

Puluhan Orang Dihukum Bersihkan Fasilitas Publik, Alfiadi: Langgar Perda AKB

AI Mangindo Kayo | Senin, 21-09-2020 | 17:28 WIB | 75 klik | Kota Padang
<p>Puluhan Orang Dihukum Bersihkan Fasilitas Publik, Alfiadi: Langgar Perda AKB<p>

Personel Satpol PP Padang, mendata pelanggar Perda AKB di sejumlah ruas jalan di Kota Padang, Senin (21/9/2020). (istimewa)

VALORAnews - Puluhan orang terjaring sebagai pelanggar Peraturan Daerah No 15 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (Perda AKB) di Kota Padang, Senin (21/9/2020). Pelanggaran didominasi oleh warga yang kedapatan melakukan aktivitas di luar rumah tanpa mengindahkan protokol kesehatan yaitu tidak menggunakan masker.

Kasat Pol PP Padang, Alfiadi mengatakan, hari pertama operasi yustisi penerapan Perda AKB ini dilakukan disejumlah titik yang jadi pusat aktifitas keramaian di ibu kota provinsi Sumbar itu. Sebanyak 100 personel Satpol PP plus Kesbang Pol serta tim SK-4 dan Dinas Perhubungan.

"Sebagai sanksinya, para pelanggar mendapat hukuman dengan dipasangi rompi plastik serta disuruh menyapu jalan serta mencabut rumput di sekitar area trotoar," ungkap Alfiadi.(Baca: Perda AKB Belum Diundangkan, Hidayat: Cacat Hukum jika jadi Dasar Pemberian Sanksi)


Selanjutnya, terang dia, para pelanggar akan didata serta diberikan peringatan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid19.

"Kita juga ingatkan para pelanggar yang sudah didata, untuk tidak mengulangi lagi kesalahan serupa. Jika kembali melakukan pelanggaran, maka akan terancam sanksi denda Rp250 ribu atau kurungan selama dua hari sesuai Perda AKB," tambahnya.

Dia menegaskan, Operasi Yustisi ini akan terus dilakukan guna menertibkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid19. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar