MITRA VALORA NEWS

Pusat Layanan Pemasyarakatan Terpadu Lapas Muaro Padang Diresmikan

AI Mangindo Kayo | Selasa, 22-09-2020 | 18:28 WIB | 153 klik | Kota Padang
<p>Pusat Layanan Pemasyarakatan Terpadu Lapas Muaro Padang Diresmikan<p>

Staf Ahli Kemenkum HAM, Milton Hasibuan (baju putih) didampingi Kepala Kanwilkum HAM Sumbar, Suharman, berfoto bersama sejumlah staf, di depan Ruang Layanan Pemasyarakatan Terpadu Lapas Muaro Padang, Selasa (22/9/2020). (veby rikiyanto/valoranews)

VALORAnews - Lapas Kelas II A Muaro Padang, mulai mengoperasikan Pusat Layanan Pemasyarakatan Terpadu (PLPT).

Hal tersebut ditandai dengan diresmikannya PLPT tersebut oleh Staf Khusus Mentri Hukum dan HAM, Milton Hasibuan, Selasa (22/9/2020).

Dalam sambutannya, Milton mengatakan, layanan terpadu merupakan bagian dari keinginan Kementrian Hukum dan HAM, dalam membangun zona integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani dan Wilayah Bebas Korupsi (WBBM/WBK).


"Ini merupakan wujud komitmen bersama guna mewujudkan suatu zona yang bersih dan memberikan pelayanan secara maksimal," ujar Milton.

Ia berharap, setiap Satuan Kerja (Satker) di lingkungan Kemenkum HAM dapat membangun suatu wilayah yang bebas korupsi, bersih serta melayani.

Sementara, Kepala Kanwilkum HAM Sumbar, Suharman mengatakan, dengan adaya PLPT ini masyarakat akan mudah mendapatkan informasi yang diperlukan.

"Pengunjung bisa mengetahui tentang warga binaan seperti sisa hukuman, program asimilasi dan lainnya," ujar Suharman.

Ka Lapas Muaro Padang, Arimin menambahkan, pembangunan PLPT ini dalam rangka membangun zona integritas berbasis HAM.

"Kita ingin meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan memberikan pelayanan prima, cepat, sesuai prosedur dan gratis," ujar Arimin.

Untuk itu, PLPT ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas pelayanan seperti layanan kunjungan, informasi, layanan pengaduan dan penitipan barang.

PLPT ini juga memiliki ruang laktasi (ruang menyusui), ruang bermain anak-anak serta pelayanan untuk disabilitas termasuk toilet ramah disabilitas.

"Untuk memaksimalkan pelayanan, di setiap loket kita menempatkan petugas yang sudah mendapat pelatihan khusus dari salah satu bank," pungkas Arimin

Kegiatan ini juga dihadiri Karo Humas Kemenkum HAM, Pagar Butar-Butar dan sejumlah pejabat di lingkungan Kanwilkum HAM Sumbar. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar