MITRA VALORA NEWS

Pengaduan Konsumen dan Pengajuan Permohonan juga Bisa Daring

Layani Masyarakat di Masa Pandemi Covid19, OJK Sumbar Sediakan Layanan Online SLIK

AI Mangindo Kayo | Jumat, 25-09-2020 | 17:15 WIB | 82 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Layani Masyarakat di Masa Pandemi Covid19, OJK Sumbar Sediakan Layanan Online SLIK<p>

Ilustrasi.

VALORAnews - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus menyosialisasikan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang telah efektif diberlakukan sejak 1 Januari 2018. Sistem ini menggantikan pengecekan debitur yang sebelumnya dilakukan Bank Indonesia atau dikenal dengan istilah BI Checking.

SLIK berfungsi sebagai sarana pertukaran informasi kredit antar lembaga jasa keuangan guna mendukung kemudahan akses perkreditan atau pembiayaan.

"SLIK dapat dimanfaatkan untuk memperlancar proses penyediaan dana, penerapan manajemen risiko, penilaian kualitas debitur dan meningkatkan disiplin industri keuangan," ungkap Kepala OJK Sumbar, Misran Pasaribu dalam pernyataan tertulis, Jumat (25/9/2020).


Dikatakan, berdasarkan Surat Edaran (SE) OJK No 50/SEOJK.03/2017 tentang Pelaporan dan Permintaan Informasi Debitur, SLIK adalah sistem informasi yang dikelola OJK untuk mendukung pelaksanaan tugas pengawasan dan layanan informasi bidang keuangan.

Pihak yang wajib jadi pelapor, terangnya, adalah bank umum, bank umum syariah, unit usaha syariah, BPR dan lembaga pembiayaan. Pihak lain yang dapat jadi pelapor yakni lembaga keuangan mikro, financial technology (fintech) termasuk koperasi simpan pinjam yang memenuhi syarat dalam POJK PPID SLIK.

Laporan debitur atau nasabah mencakup informasi mengenai fasilitas kredit atau pembiayaan, agunan, penjamin, termasuk kualitas penyediaan dana.

"Permintaan dan penggunaan informasi debitur oleh pelapor hanya dapat digunakan untuk keperluan mendukung kelancaran proses pemberian penyediaan dana, proses seleksi pegawai pelapor, pelaksanaan audit, serta program anti fraud," terang dia mengutip SE No 50 itu.

SLIK sendiri diluncurkan pada 27 September 2017 dan resmi berlaku pada 1 Januari 2018.

Cara Mengajukan Informasi Debitur di SLIK OJK:

Untuk Perorangan:

  • Bagi masyarakat perorangan cukup dengan menyerahkan fotokopi identitas diri asli yaitu Kartu Tanda Penduduk/KTP

Untuk Badan Usaha:

Lengkapi dengan dokumen:

  • Tanda Daftar Perusahaan
  • Akta Pendirian Perusahaan
  • Perubahan anggaran dasar terakhir yang memuat susunan dan kewenangan pengurus
  • NPWP Perusahaan
  • KTP Perwakilan Perusahaan
  • Surat Kuasa dengan materai Rp6.000,-

Jika Diwakilkan:

Jika Anda ingin mengajukan informasi debitur melalui SLIK di OJK sebagai perwakilan, maka ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi:

  • Surat Kuasa dengan materai Rp6000,-
  • KTP Pemberi Kuasa
  • KTP Penerima Kuasa

Menyikapi situasi pandemi, ungkap Misran, saat ini Kantor OJK Sumatera Barat telah menyediakan layanan online untuk beberapa kegiatan yaitu permintaan SLIK, pengaduan konsumen dan pengajuan permohonan pihak utama BPR dan BPRS melalui laman layananonline.ojksumbar.

Melalui portal ini, ungkap dia, masyarakat yang akan mengajukan permintaan SLIK tidak perlu datang langsung melainkan cukup dengan mengakses portal yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun atau masyarakat juga bisa langsung ke website simalinkundang.ojksumbar.com.

"Permintaan SLIK secara online ini hanya dapat dilakukan oleh yang bersangkutan. Diharapkan, hal ini dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi SLIK dengan lebih praktis. Layanan online OJK Sumbar ini gratis dan tidak dipungut biaya apapun," tukas Misran. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar