MITRA VALORA NEWS

Rabu, 2021-06-30 14:12 WIB

Pejabat Administrator dan Pengawas Dinkes Mentawai Dilantik

<p>Pejabat Administrator dan Pengawas Dinkes Mentawai Dilantik<p>

VALORAnews - Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet melantik empat pejabat administrator dan pengawas, di aula kantor bupati, Rabu (30/6/2021). Keempat...

Empat Pengedar 100 Kg Ganja Dicokok Usai Kecoh Petugas

AI Mangindo Kayo | Selasa, 06-10-2020 | 23:19 WIB | 667 klik | Kota Payakumbuh
<p>Empat Pengedar 100 Kg Ganja Dicokok Usai Kecoh Petugas<p>

Kapolres Payakumbuh, AKBP Alex Prawira memperlihatkan ganja berikut pengedar barang haram itu yang ditangkap Selasa (6/10/2020) siang. (istimewa)

VALORAnews - Tim Opsnal Satnarkoba Polres Payakumbuh, menggagalkan upaya peredaran narkoba jenis ganja di wilayah kerjanya, Selasa (6/10/2020) siang. Empat orang pemuda asal Kota Padang berikut barang bukti ganja kering seberat 100 Kg berhasil diamankan.

"Keempat pelaku warga Padang itu adalah EP (25), DAS (21), V (22) dan PD (24). Mereka dicokok di Kelurahan Ibuah, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Selasa siang," ungkap Kapolres Payakumbuh, AKBP Alex Prawira.

Dikatakan, ganja itu dikemas dalam 100 buah paket yang telah dilakban. Sebelum penangkapan para pelaku, sekitar pukul 06.00 WIB, tim melakukan penghadangan terhadap mobil Avanza warna hitam nomor polisi BA 1329 RZ yang dikendarai pelaku EP.


"Saat itu, pelaku menerobos blokade kendaraan mobil anggota Satresnarkoba lalu melarikan diri ke arah Kota Payakumbuh," jelasnya.

Kemudian, satu orang dari keempat pelaku, PD melompat turun dan mencoba melarikan diri. Namun, upayanya tersebut tidak berhasil lantaran petugas dengan sigap menangkapnya.

Sementara, petugas lainnya melakukan pengejaran. Sesampainya di Kelurahan Ibuah, Kecamatan Payakumbuh Barat, tiga orang pelaku turun dari mobil dan lari ke arah perumahan warga.

"Tiga jam berselang, ketiganya berhasil ditangkap. Dua orang EP dan DAS ditangkap di sebuah rumah kosong dan satu orang lagi, V ditangkap di ladang kosong saat bersembunyi," ungkap AKBP Alex.

Dari pemeriksaan awal, para pelaku mengakui bahwa narkotika jenis ganja tersebut diambil dari wilayah Penyabungan Provinsi Sumatera Utara dan akan diantarkan ke Kota Payakumbuh.

"Menurut pelaku, dia tidak mengenal orangnya, hanya saja untuk orang yang menjemput barang tersebut masih kita dalami," jelas dia.

Selain mengamankan keempat pelaku dan seratus kilogram ganja, polisi juga menyita 1 unit mobil Avanza warna hitam Nopol BA 1329 RZ, 1 unit HP merk samsung warna merah dan 1 paket kecil narkotika jenis ganja yang dibungkus dengan kertas timah rokok warna merah.

Terpisah, Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu Setianto mengatakan, keberhasilan Polres Payakumbuh dalam mengungkap kasus narkoba, merupakan salah satu bentuk keseriusan Polda Sumbar beserta jajaran Polres dalam pemberantasannya.

"Itu komitmen kami, Polda Sumbar beserta Polres-polres dalam membersihkan narkoba di Sumatera Barat, untuk menyelamatkan generasi muda dari bahaya narkoba," ujarnya.

Dengan diamankannya 100 kilogram ganja tersebut, Polres Payakumbuh telah menyelamatkan ribuan orang dari bahaya narkoba. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kota Payakumbuh