MITRA VALORA NEWS

Wisuda Barengan di Universitas Fort de Kock

Lahmuddin Siregar dan Puji Rahayu Tuntaskan Pendidikan Megister Kesehatan Masyarakat

AI Mangindo Kayo | Selasa, 27-10-2020 | 16:12 WIB | 138 klik | Kab. Mentawai
<p>Lahmuddin Siregar dan Puji Rahayu Tuntaskan Pendidikan Megister Kesehatan Masyarakat<p>

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar bersama istri, Puji Rahayu usai menjalani proses wisuda di Universitas Fort De Kock di Bukittinggi, pekan lalu. (istimewa)

VALORAnews - Perjuangan dalam mencapai suatu tujuan merupakan sebuah kerja keras yang berujung pada kepuasan bathin. Keberhasilan akan perjuangan itu, dapat memupus lelah yang selama ini dijalani meskipun disela-sela kesibukan rutin sebagai seorang pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) yang fokus pada layanan masyarakat khususnya di bidang kesehatan.

Bagi Lahmuddin Siregar, buah dari perjuangannya itu, telah mengantarkan dirinya dalam meraih gelar akademik sebagai Magister Kesehatan Masyarakat pada Universitas Fort De Kock di Bukittinggi. Bersama isteri tercintanya, pasangan ini mengikuti wisuda berbarengan, dimana sang isteri, Puji Rahayu SKM Msi MKM yang diwisuda pada waktu bersamaan.

Sebagai seorang Magister Kesehatan, tentulah ia sangat fokus dalam menerapkan ilmunya di tengah masyarakat. Tujuannya adalah supaya seluruh masyarakat di Kabupaten Kepulauan Mentawai dapat tersentuh oleh program kesehatan yang dicanangkan pemerintah.


Dengan berbagai upaya dan tidak bertentangan dengan budaya dan karakter masyarakat di suatu daerah, Lahmuddin yang dipundaknya mengemban beban akan kesehatan masyarakat dan daerah ini, terus berupaya mencari terobosan-terobosan agar program kesehatan itu bisa diterima ditengah masyarakat.

Salah satu terobosannya yang telah berjalan saat ini adalah 'Tujuh Pesan Sikerei.' Dimana, di dalam pesan itu ada tujuh perilaku kesehatan yang harus diterapkan di tengah masyarakat.

Program yang mengemas budaya lokal itu, telah mendapat perhatian dan apresiasi dari Kementrian Kesehatan RI.

Lahmuddin Siregar SKM SIP MIP MKM, hari-harinya tak pernah sepi dari kegiatan yang menyangkut akan upaya menjadikan masyarakat Mentawai sehat, sampai ke pelosok-pelosok.

Dia yang rela berjalan kaki dan menaiki perahu kecil ke pedalaman Mentawai, demi menjangkau sasarannya, agar masyarakat dapat menerima program kesehatan sekaligus upaya meminimalisir angka kematian bayi.

Keberhasilannya menjangkau pelosok-pelosok di Bumi Sikerei, patut diacungkan jempol. Tenaga medisnya, siap selalu memberikan pelayan pada masyarakat, dimana masyarakat bisa merasakan sentuhan medis meskipun mereka tinggal di pedalaman.

Dimasa pandemik Covid19 ini, sebagai Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan Covid19 Kabupaten Kepulauan Mentawai sekaligus juru bicara Bidang Penanganan Kesehatan, hari-harinya selalu disibukkan dengan memberikan informasi ter-update mengenai perkembangan wabah yang berawal dari daerah Wuhan, Tiongkok tu.

Meskipun selalu sibuk baik di kantor maupun di lapangan, ayah dari seorang putra ini selalu tersenyum pada semua orang. Sosok Kepala Dinas Kesehatan Setdakab Mentawai ini akan selalu rela menghabiskan waktunya, bergelut dengan perjuangan bagaimana agar program kesehatan itu bisa menyentuh masyarakat.

Walaupun begitu, dia juga peduli dengan kehangatan bersama keluarga kecilnya. Ini dibuktikannya dengan selalu menikmati momen-momen indah diwaktu hari libur. (dni)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar