MITRA VALORA NEWS

Jumat, 2021-01-15 11:51 WIB

Permintaan Pasport Selama Pandemi Menurun Drastis

<p>Permintaan Pasport Selama Pandemi Menurun Drastis<p>

VALORANews - Kantor Imigrasi Kelas II A Agam menyebut adanya penurunan permintaan layanan permohonan pasport sepanjang 2020. Kepala Kantor Imigrasi...

Tingkatkan Imunitas di Masa Pandemi, 8 Ponpes di Padangpanjang Dibantu Susu Pasteurisasi

AI Mangindo Kayo | Jumat, 28-11-2020 | 18:29 WIB | 145 klik | Kota Padang Panjang
<p>Tingkatkan Imunitas di Masa Pandemi, 8 Ponpes di Padangpanjang Dibantu Susu Pasteurisasi<p>

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, drh Erinaldi menyerahkan bantuan susu pasteurisasi ke Wali Kota Padangpanjang, H Fadly Amran Dt Paduko Malano di Ponpes Darul Hikmah, Kecamatan Padangpanjang Barat, Jumat (27/11/2020). (humas)

VALORAnews - Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, drh Erinaldi menyerahkan bantuan susu pasteurisasi ke Wali Kota Padangpanjang, H Fadly Amran Dt Paduko Malano untuk dibagikan ke seluruh santri di pondok pesantren (Ponpes) yang ada di kota itu.

Penyerahan bantuan sebagai bentuk perhatian besar ke seluruh santri di pondok pesantren yang ada di kota serambi Mekah itu, guna meningkatan imunitas santri. Penyerahan dilakukan di Ponpes Darul Hikmah, Kecamatan Padangpanjang Barat, Jumat (27/11/2020).

Dikesempatan itu, Fadly Amran menyebutkan, bantuan susu ini, selain sebagai salah satu langkah peningkatan imunitas santri di masa pandemi, juga berguna untuk memberdayakan produksi susu peternak yang daya belinya sedang menurun akibat dampak Covid19.


Di samping itu, kata Fadli, juga merupakan salah satu upaya peningkatan ekonomi peternak, khususnya yang tergabung dalam kelompok maupun koperasi.

"Dengan mengonsumsi minuman berprotein hewani dalam bentuk susu segar ini, akan dapat meningkatkan imunitas daya tahan tubuh para santri dalam mencegah penyebaran virus Covid-19," harap Fadly.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Padang Panjang, Ade Nefrita Anas menyebutkan, ada delapan Ponpes yang mendapat bantuan susu yaitu, Pesantren Thawalib Gunung sebanyak 179 botol, SMP Quran Kelurahan Ngalau 45 botol, MAKM Muhammadiyah 320 botol, Pesantren Thawalib Putri 254 botol, Pesantren Thawalib Putra 268 botol, Diniyah Putri 526 botol, Darul Hikmah 198 botol, dan SMP Al-Hijrah 63 botol.

"Delapan pesantren yang mendapat bantuan susu itu, dengan total susu sebanyak 1.853 botol atau setara dengan 1.397 liter. Penyerahannya akan dilakukan sebanyak tiga kali. Susu tersebut dibeli dari peternak sapi perah Padangpanjang," sebutnya.

Dikatakan, pihaknya juga akan memberikan bantuan susu segar bagi tenaga kesehatan, BPBD, dan petugas lainnya, yang dananya berasal dari Dana Insentif Daerah (DID) Pemprov Sumbar sebesar Rp100 juta.

"Ada tiga daerah yang menerima bantuan dari DID Pemprov Sumbar, yakni Kabupaten Padangpariaman, Kabupaten Agam dan Kota Padangpanjang," ungkapnya.

Turut hadir pada kegiatan penyerahan bantuan susu tersebut di antaranya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, M Ali Tabrani, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Darul Hikmah, H Ali Usman Syuib. (ham/kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kota Padang Panjang