MITRA VALORA NEWS

Jumat, 2021-01-15 11:51 WIB

Permintaan Pasport Selama Pandemi Menurun Drastis

<p>Permintaan Pasport Selama Pandemi Menurun Drastis<p>

VALORANews - Kantor Imigrasi Kelas II A Agam menyebut adanya penurunan permintaan layanan permohonan pasport sepanjang 2020. Kepala Kantor Imigrasi...

Ini 4 Langkah Mahyeldi dalam 100 Hari Kerja jika Terpilih jadi Gubernur

AI Mangindo Kayo | Kamis, 03-12-2020 | 18:13 WIB | 261 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Ini 4 Langkah Mahyeldi dalam 100 Hari Kerja jika Terpilih jadi Gubernur<p>

Sebelum debat kedua, Cagub Sumbar, Mahyeldi mendapat dukungan semangat dari Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi (pakai T-shirt). (istimewa)

VALORAnews - Debat kedua calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar, Kamis (3/12/2020) yang disiarkan langsung TVOne, keunggulan Mahyeldi-Audy Joinaldy terhadap pasangan lainnya makin kentara terlihat. Pasangan ini begitu kompak dalam menjawab pertanyaan dari pasangan calon lain.

Pasangan calon Mahyeldi-Audy Joinaldy, menyampaikan rencana kerja 100 hari andai terpilih dalam Pilgub Sumbar pada 9 Desember 2020 mendatang. Tak muluk-muluk, dengan tegas Mahyeldi-Audy menyebutkan rancangan yang ditunggu-tunggu itu.

Sebelum memaparkan program 100 harinya, Mahyeldi menyampaikan terima kasih pada seluruh masyarakat Sumatera Barat, yang telah mendukung pasangan calon nomor urut 4 Mahyeldi-Audy. Dia menyebut, telah berkunjung lebih dari 1.000 tempat dan ratusan nagari.


"Karena keterbatasan waktu tidak semua masyarakat bisa kami kami kunjungi," ungkapnya. "Namun kami yakin, masyarakat Sumatera Barat akan tetap memilih pasangan calon 4 Mahyeldi-Audy," tambah Mahyeldi.

Jika, terpilih jadi gubernur dan wakil gubernur Sumatra Barat, kata Mahyeldi, ada empat hal yang akan dikerjakan dalam 100 hari masa kepemimpinannya.

Pertama merancang dan menuntaskan RPJMD yang sesuai dengan visi, misi dan program uggulan yang telah kami sampaikan kepada seluruh masyarakat Sumatra Barat. Kedua, melakukan koordinasi dengan Seluruh Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Sumatra Barat serta melakukan konsolidasi mengenai anggaran 2021 yang telah disahkan.

Ketiga, penanganan covid dengan tiga langkah, edukasi tentang pentingnya menjalankan protokol kesehatan 3 M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak), pelaksanaan vaksinasi, isolasi/karantina, diagnosis dini dan pengobatan yang tepat melalui 3T (tracing/pelacakan), (testing/pengetesan), (treatment/pengobatan).

Cawagub Sumbar Audy Joinaldy menambahkan hal keempat, yaitu pemulihan ekonomi bagi masyarakat terdampak. "Kami akan bersama-sama membenahi perekonomian yang terdampak pandemik Covid19. Tentunya dengan berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan menggandeng kabupaten/kota," katanya.

Naikkan Kualitas SDM

Mahyeldi disebut-sebut adalah calon kuat meneruskan kepemimpinan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno yang sudah dua periode memaparkan programnya membenahi sumber daya manusia (SDM) di Sumbar, jumlah yang menjadi sarjana setiap tahunnya di Sumatera Barat sebanyak 38.700 orang.

"Artinya, angka pekerja sangat tinggi dan harusnya Sumbar tidak kekurangan lagi," ujar Mahyeldi.

Sementara IPM (indeks pembangunan manusia) Sumbar, kata Mahyeldi, berada pada posisi nomor 9 di Indonesi dengan indeks 72,39. Namun untuk Pulau sumatera berada pada nomor urut tiga setelah Kepulauan Riau (nomor 4 ; 75.48) dan Riau (nomor 6; 73.12).

Mahyeldi mengatakan, lulusan Strata-1 (S1) perguruan tinggi atau sarjana mendominasi angka pengangguran terbuka di provinsi dengan komposisi mencapai 8,07 persen dari total angkatan kerja 2,81 juta orang, berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat, Februari 2020.

Selain sarjana, penganggur di Sumbar didominasi oleh tamatan SMK sebanyak 7,72 persen, SMA 5,13 persen, diploma 4,04 persen dan SMP 5,49 persen. Jumlah perguruan Tinggi di Sumatera Barat 129.

Mahyeldi menyebutkan, jika terpilih mereka akan memastikan IPM akan terus meningkat dan kalau bisa menjadi nomor 1 di Sumatra. Kami punya banyak program untuk meningkatkan SDM di Sumbar yang akan diaplikasikan dengan cepat, kata Mahyeldi didampingi Cawagub Sumbar Audy Joinaldy.

Pada debat kedua kali ini, Mahyeldi tampil maksimal. Hal itu tak terlepas dari dukungan dari berbagai pihak kepadanya.

Sebelum debat, Mahyeldi mendapat sokongan semangat dari Walikota Payakumbuh, Riza Falepi yang menjadi rivalnya dalam perebutan kursi bakal calon gubernur dari PKS. Riza Falepi memberikan dukungan penuh kepada Mahyeldi. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar