MITRA VALORA NEWS

Kamis, 2021-02-25 22:23 WIB

Kapolda Sumbar Tinjau Kawasan Hutan yang Diserahkan ke Negara di Pasbar

<p>Kapolda Sumbar Tinjau Kawasan Hutan yang Diserahkan ke Negara di Pasbar<p>

VALORAnews - Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto beserta beberapa Pejabat Utama Polda Sumbar (PJU), berkunjung ke Polres Pasaman Barat, Kamis...

Sertijab Kalapas Muaro dan Rutan Padang

Andhika Wajibkan Setiap Pegawai Kemenkumham Ikut Berantas Peredaran Narkoba

AI Mangindo Kayo | Kamis, 07-01-2021 | 18:01 WIB | 262 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Andhika Wajibkan Setiap Pegawai Kemenkumham Ikut Berantas Peredaran Narkoba<p>

Kepala Kanwilkumham Sumbar, R Andhika Dwi Prasetya, melakukan penandatanganan serah terima jabatan Kalapas Muaro dan Rutan Padang, Kamis (7/1/2021). (veby rikiyanto/valoranews)

VALORAnews - Serah terima jabatan terjadi di jajaran Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwilkumham) Sumatera Barat, Kamis (7/1/2021).

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Ka Lapas) Kelas II A Muaro Padang, Arimin digantikan dengan Era Wiharja, yang sebelumnya menjabat sebagai Ka Lapas Rantau Prapat, Sumatera Utara.

Selanjutnya, Arimin akan menduduki jabatan baru sebagai Ka Lapas Kelas II A Yogjakarta.


Pergantian juga terjadi di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Padang. Ka Rutan, Eri Erawan akan pindah tugas sebagai Ka Lapas Kelas II B Pasia Pangaraian, Riau. Jabatannya akan ditempati mantan Ka Ruteng NTT, M Mehdi.

Serah terima jabatan ini ditandai dengan penandatanganan Pakta Integritas yang disaksikan Kepala Kanwilkumham Sumbar, R Andhika Dwi Prasetya, Wakil Walikota Padang, Hendri Septa serta sejumlah pejabat di lingkungan Kanwil kemenkumham Sumbar.

Andhika dalam sambutannya, meminta seluruh jajarannya untuk dapat meningkatkan kinerja, serta mendukung program-program pemerintah Kota Padang maupun Provinsi Sumatera Barat.

Salah satunya, menurut dia, adalah upaya memberantas peredaran narkoba. Dalam upaya ini, ia akan menjadikan setiap pegawai Kemenkumham sebagai pengawas dan memonitoring peredaran narkoba di wilayah tempat tinggalnya.

"Saya akan jadikan setiap rumah pegawai di jajaran Kanwil Kemenkumham sebagai Posko monitoring. Kita akan buatkan stiker posko monitoring dan dipasang di setiap rumah pegawai, sehingga bisa membatasi dan mempersempit ruang gerak peredaran narkoba," ujar Andhika.

Terkait pandemi Covid19, ia minta seluruh jajaran untuk dapat ikut menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Sementara, Hendri Septa mengucapkan selamat bertugas bagi pejabat baru. Ia berharap program pembinaan terhadap para napi dapat semakin ditingkatkan sehingga para napi memiliki bekal bila nanti kembali ke masyarakat.

"Kita harapkan masyarakat dapat menerima para mantan napi, sehingga mereka tidak merasa dikucilkan yang berpotensi terjerumus ke tindakan yang melanggar hukum," ujar Hendri.

Untuk itu, menurut Hendri, Pemko Padang melalui Dinas terkait akan melakukan kerjasama dalam upaya memberikan pembinaan terhadap napi dan mantan napi, agar nantinya bisa kembali produktif dan bisa mendapatkan lapangan pekerjaan jika sudah bebas.

Hendri juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pejabat lama yang telah berdedikasi dan bekerjasama dengan pemerintah Kota Padang dalam membina warga yang tersangkut masalah hukum.

Target Raih WBK

Ka Lapas Muaro Padang, Era Wiharja mengatakan, untuk tahap awal ia akan melakukan konsolidasi ke dalam bersama jajaran. Selain itu, ia akan melanjutkan program-program yang telah dibuat oleh Ka Lapas sebelumnya.

"Kita fokuskan konsolidasi dulu, selain itu kita akan melanjutkan program-program guna mewujudkan Lapas Muaro Padang meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK)," ujar Era. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar