MITRA VALORA NEWS

Kamis, 2021-02-25 22:23 WIB

Kapolda Sumbar Tinjau Kawasan Hutan yang Diserahkan ke Negara di Pasbar

<p>Kapolda Sumbar Tinjau Kawasan Hutan yang Diserahkan ke Negara di Pasbar<p>

VALORAnews - Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto beserta beberapa Pejabat Utama Polda Sumbar (PJU), berkunjung ke Polres Pasaman Barat, Kamis...

Antisipasi Rentenir di Padangpanjang

Koperasi Hidup Berkah Bermakna Didirikan, Digawangi Pensiunan Bank

AI Mangindo Kayo | Selasa, 12-01-2021 | 17:27 WIB | 398 klik | Kota Padang Panjang
<p>Koperasi Hidup Berkah Bermakna Didirikan, Digawangi Pensiunan Bank<p>

Wako Padangpanjang, H Fadly Amran Datuak Paduko Malano didampingi Ampera Salim (Kepala Dinas Kominfo) menerima audiensi Ketua Koperasi HBB, Mardiah Muluk dan jajaran, Rabu (13/1/2021). (humas)

VALORAnews - Digawangi 29 orang yang 80 persen di antaranya adalah pensiunan Bank Nagari, Koperasi Hidup Berkah Bermakna (HBB) didirikan. Pendirian HBB ini, diniatkan untuk membantu masyarakat serta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mendapatkan modal dan lepas dari jeratan rentenir.

Turut terlibat dalam pembentukan koperasi ini, Wali Kota Padangpanjang periode 2003-2013, dr H Suir Syam sebagai anggota luar biasa serta H Fadly Amran Datuak Paduko Malano selaku pribadi sebagai pendiri dan penanam modal di koperasi ini.

Inspirasi berdirinya koperasi ini, jelas Ketua Koperasi HBB, Mardiah Muluk, Rabu (13/1/2021), juga berasal dari founder Wardah, Nurhayati Subakat yang ingin berkontribusi membangun negeri. Bahkan, nama koperasi ini, berasal dari buku biografinya yang berjudul "Hidup Bermakna." Nurhayati didapuk sebagai penasehat koperasi HBB.


Berdiri sejak 13 Oktober 2020 lalu, koperasi ini akan segera diluncurkan dalam waktu dekat. Sebagai persiapan, Selasa (12/1/2021), pengurus koperasi bersilaturahmi ke ruang kerja Fadly untuk melaporkan persiapan itu.

"Sebagai koperasi berbasis syariah, koperasi ini sudah memiliki anggaran dasar, surat persetujuan dari Kementerian Hukum dan HAM, surat izin lokasi dan izin usaha dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Kita akan segera peluncuran pada 22 Januari mendatang," jelas Mardiah.

Arahan wali kota, jelas Mardiah, supaya koperasi ini bekerja dan berfungsi dengan baik. Bisa memberikan pembinaan yang tepat kepada pelaku UMKM dan mengurangi praktek rentenir yang menimbulkan rasa tidak nyaman bagi pelaku UMKM.

"Dengan dilakukannya peluncuran pada 22 Januari mendatang, Pemko berharap sesuai dengan nama koperasinya, bisa memberi keberkahan dan bermakna bagi semua, khususnya masyarakat Padang Panjang," sebutnya.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Sekretaris Koperasi, Murefli, Bendahara, Murad, Pengawas Dedi Cardy, dan Kepala Dinas Kominfo Ampera Salim. (rls/ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar