MITRA VALORA NEWS

Beli Sayur Segar Khas Padangpanjang, ke STA GMB Saja

AI Mangindo Kayo | Kamis, 21-01-2021 | 21:28 WIB | 231 klik | Kota Padang Panjang
<p>Beli Sayur Segar Khas Padangpanjang, ke STA GMB Saja<p>

Sejumlah jenis sayuran yang tersedia di outlet sayur Sub Terminal Agribisnis Gantiang Maju Basamo (STA GMB) yang berada persis di depan RSUD Kota Padangpanjang. (kominfo)

VALORAnews - Konsumsi sayuran hijau sangat baik untuk kesehatan. Beberapa jenis sayuran hijau ini punya nutrisi paling hebat karena tinggi vitamin dan mineral.

Vitamin yang didapat dalam sayuran tidak dapat dihasilkan tubuh kita, harus diambil dari makanan yang dikonsumsi. Untuk itu dianjurkan kepada masyarakat supaya mengonsumsi sayur guna mencukupi vitamin dan mineral di dalam tubuh.

Tak hanya di pasar, kini masyarakat di sekitar Kelurahan Ganting dan Padangpanjang umumnya, dapat menjumpai sayur-sayuran segar yang diambil dari hasil perkebunan para petani di outlet sayur Sub Terminal Agribisnis Gantiang Maju Basamo (STA GMB) yang berada persis di depan RSUD Kota Padangpanjang.


Di sini, sayuran segar hasil produksi petani Ganting dan sekitarnya itu, di-packing dengan semenarik mungkin, lalu dipajang di rak-rak khusus. Hampir semua jenis sayuran, ada di sini. Termasuk beras dan komoditi lainnya.

Beraneka Ragam jenis sayuran segar mulai dari bayam, brokoli, terong, wortel, sawi, hingga kol yang nutrisinya tak kalah super ada di sini.

Menurut Ahli Gizi RSUD Kota Padangpanjang, Defrijon, nilai-nilai gizi yang terkandung dalam sayuran yang disediakan di STA GMB ini yaitu salah satunya terong ungu.

"Terong ungu ini banyak mengandung senyawa antioksidan yang bisa mencegah kanker dan bisa juga untuk menurunkan berat, serta kaya akan serat," jelasnya saat menjelaskan kandungan gizi yang ada dalam sayur-sayuran di STA GMB, Kamis (21/1/2021).

Selanjutnya yaitu wortel, ahli gizi RSUD itu mengatakan, dalam wortel banyak terdapat kandungan vitamin C. Selain dapat mengobati sariawan juga mempunyai fungsi membangun feel (membuat perasaan lebih enak).

"Beberapa kandungan terdapat dalam sayuran-sayuran berwarna hijau. Sayuran hijau ini merupakan paling tinggi serat dan mempunyai banyak peranan serta fungsi bagi tubuh. Contohnya bisa untuk mencegah radikal bebas dan bisa juga untuk mencegah penyakit kanker," jelasnya

Selain memiliki vitamin dan mineral yang tinggi, tambahnya lagi, sayur-sayuran juga kaya serat, terkandung dalam sayur kol.

"Sayur kol memiliki serat tinggi. Sebesar 1,2 gram kandungan di dalamnya, berfungsi memperlancar buang air besar, mencegah kanker. Kemudian juga bisa menurunkan berat badan. Jadi orang yang rutin mengonsumsi sayur, lebih gampang untuk mencapai berat badan yang ideal," sebutnya.

Untuk itu, Defrijon mengajak masyarakat menggalakkan #GemarMakanSayur. "Ayo makan sayur untuk menjaga kesehatan, untuk menunda penuaan, dan untuk generasi yang berkualitas ke depannya," imbaunya seraya mengajak belanja sayur di STA GMB.

"Karena di sini sayurannya fresh, langsung dari kebun petani dan ini untuk mensejahterakan petani kita di Kota Padang Panjang juga," tutupnya. (rls/ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar