MITRA VALORA NEWS

Legiun Veteran Usulkan Mustafa Kamal sebagai Nama Jalan di Padangpanjang

AI Mangindo Kayo | Senin, 25-01-2021 | 18:38 WIB | 191 klik | Kota Padang Panjang
<p>Legiun Veteran Usulkan Mustafa Kamal sebagai Nama Jalan di Padangpanjang<p>

Wali Kota Padangpanjang, H Fadly Amran Datuak Paduko Malano berdialog dengan Ketua Legiun Veteran Kota Padangpanjang, Syofyan Udin, Senin (25/1/2021). (humas)

VALORAnews - Ketua Legiun Veteran Kota Padangpanjang, Syofyan Udib memberikan beberapa usulan dan masukan saat melakukan pertemuan dengan Wali Kota Padangpanjang, H Fadly Amran Datuak Paduko Malano, Senin (25/1/2021).

"Ada dua usulan yang saya sampaikan pada pak wali tadi. Yang pertama terkait dengan salah satu pahlawan asal Kota Padangpanjang, Alm Mustafa Kamal. Saya mengusulkan nama almarhum diabadikan sebagai nama jalan di kota ini. Hal ini merupakan bentuk penghargaan pada beliau yang telah ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia," jelasnya dalam siaran pers yang diterima dari Kominfo Padangpanjang.

Syofyan menerangkan, Mustafa Kamal merupakan salah satu pahlawan asal Kota Padangpanjang asal Pasar Usang yang ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia bersama-sama dengan koleganya, Alm. Anas Karim.


"Beliau dulunya juga sempat jadi komandan batalyon dan meninggal ditembak pasukan Belanda saat hendak melakukan perjalanan tugas menggunakan sepeda motor dari Payakumbuh ke Bukittinggi pada 23 Desember 1948, tepatnya di Ujuang Guguak antara perbatasan Bukittinggi dan Payakumbuh. Dengan kata lain, dia wafat tepat 2 hari setelah peresmian PDRI," ceritanya.

Syofyan berharap kalau ada ruas jalan yang belum memiliki nama, bisa digunakan nama Mustafa Kamal ini.

"Beliau selevel dengan alm Anas Karim, yaitu bekas Kaigun Padang-Pariaman," ungkapnya.

Syofyan juga mengusulkan pada Fadly Amran, setiap tanggal 6 Mei agar melakukan ziarah ke taman makam pahlawan (TMP) di Bukittinggi.

"Di TMP itu, ada makam salah seorang mantan wali kota Padangpanjang dan sekaligus seorang pahlawan juga yaitu Mohammad Yusuf Datuk Malano Basa," sebutnya.

Terkait usulan Syofyan ini, Fadly mengucapkan terima kasih dan menyambut baik usulan itu.

"Insyaa Allah, untuk menghargai jasa Bapak Mustafa Kamal, kami dari Pemerintah Kota akan berusaha menjadikan nama beliau menjadi salah satu nama jalan di Kota Padangpanjang," katanya. (rls/ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar