MITRA VALORA NEWS

Wasekjen Ansor: Ketum Jadi Menag, Ansor Jadi Sorotan

AI Mangindo Kayo | Sabtu, 30-01-2021 | 19:40 WIB | 193 klik | Kab. Padang Pariaman
<p>Wasekjen Ansor: Ketum Jadi Menag, Ansor Jadi Sorotan<p>

Wasekjen PP GP Ansor, Dr Rahmat Tuanku Sulaiman melantik Pimpinan Cabang GP Ansor Padangpariaman, Sabtu (30/1/2021) di aula MAN IC Sintuak Toboh Gadang, Kabupaten Padangpariaman. (istimewa)

VALORAnews - Pemuda yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Ansor, harus mencerminkan karakter keislaman, kebangsaan dan kepemudaan. Ketiga karakter ini, harus terus ditumbuhkembangkan kader Ansor dalam berkiprah di tengah kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.

Hal itu ditegaskan Wakil Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Dr Rahmat Tuanku Sulaiman ketika melantik Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Padangpariaman, Sabtu (30/1/2021) di aula MAN IC Sintuak Toboh Gadang, Kabupaten Padangpariaman.

Pelantikan ini, sekaligus pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) V GP Ansor Padangpariaman. PKD ini diikuti 50 orang peserta yang berasal dari Kabupaten Padangpariaman, Bukittinggi, Agam dan Padang. PKD berlangsung Jumat hingga Ahad (29-31/1/2021). Semula yang mendaftar mencapai 120 orang, namun karena aturan protokol kesehatan tidak boleh melebihi dari 50 orang, maka terpaksa dibatasi.


Menurut Rahmat, karakter keislaman harus tercermin dalam diri kader agar selalu membawa nilai-nilai manfaat dalam kehidupan sesuai dengan Islam Ahlussunnah Waljamaah An-Nahdiyah. Sedangkan karakter kebangsaan, tercermin dari komitmen kebangsaan yang tegas dan jelas bagi Ansor.

"Bagaimana selalu menjaga Pancasila, NKRI, Binneka Tunggal Ika dan UUD 1945," tutur Rahmat yang juga pengasuh Pesantren Bustanul Yaqin Lubukalung ini.

Sedangkan karakter kepemudaan, terangnya, bagaimana Ansor selalu tampil sebagai pelopor dan penggerak di lingkungannya. Melalui PKD ini, harus dijadikan sebagai bagian membangun capacity building kader Ansor. Karena itu, peserta PKD harus benar-benar mengikuti setiap materi yang disampaikan.

Dibagian lain, Rahmat menyebutkan, dengan terpilihnya Ketua Umum Ansor sebagai Menteri Agama RI yang dipercaya Presiden RI Joko Widodo, di satu sisi menggembirakan, namun disisi lain juga harus dijaga dengan baik.

Ketua Umum Ansor menjadi simbol organisasi. Sehingga semua kader Ansor akan menjadi sorotan oleh berbagai pihak. "Jika satu orang saja kader Ansor yang bermasalah, atau ada oknum yang bersikap tidak baik, maka Ansor akan menjadi sorotan," tutur Rahmat yang juga Ketua PW GP Ansor Sumbar ini.

Karena itu, kata Rahmat, pesan Ketua Umum Ansor adalah semua kader Ansor harus tetap menjaga komitmen keislaman, kebangsaan dan kepemudaannya dalam setiap program kerja.

"Kita berharap Ketua Umum mampu menjalankan amanah yang sudah dipercayakan negara kepadanya. Yang jelas, ini menjadi catatan sejarah bahwa Ketua Umum Ansor dipercaya menjadi Menteri Agama RI," ungkap Rahmat yang didampingi Ketua PC GP Ansor Padangpariaman, Alva Anwar. (rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar