MITRA VALORA NEWS

Jumat, 2021-04-16 14:15 WIB

Cegah Covid19 di Libur Lebaran, Doni Monardo: Jan Lai Ado Acara Pulang Basamo

<p>Cegah Covid19 di Libur Lebaran, Doni Monardo: Jan Lai Ado Acara Pulang Basamo<p>

VALORAnews - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Letjen TNI Dr. (H.C) Doni...

Maksimalkan Peran Pokdarwis Dalam Mengembangkan Pariwisata

AI Mangindo Kayo | Jumat, 02-04-2021 | 20:38 WIB | 93 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Maksimalkan Peran Pokdarwis Dalam Mengembangkan Pariwisata<p>

Sosialisasi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) se Kecamatan Padang Selatan, Kamis (1/4/2021). (veby rikiyanto/valoranews)

VALORAnews - Guna mewujudkan pariwisata yang unggul dan berdaya saing, dibutuhkan peran serta seluruh lapisan.

Majunya pariwisata suatu daerah tidak hanya tergantung pada keindahan objek pariwisata maupun peran pemerintah saja, tapi peran masyarakat sangat penting dalam mendukung, memajukan serta menjaga objek tersebut baik dari segi keindahan, kebersihan maupun keamanannya.

Hal tersebut disampaikan Camat Padang Selatan Teddy Antonius pada kegiatan sosialisasi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) se Kecamatan Padang Selatan, Kamis (1/4/2021).


"Pokdarwis memiliki peran penting dalam memajukan sektor pariwisata, diharapkan dengan keberadaan Pokdarwis, masyarakat dapat menciptakan gerakan sadar wisata dan Sapta Pesona, yg diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari," ujar Teddy.

Menurut Camat, kegiatan sosialisasi ini diadakan guna mendukung visi dan misi Walikota dan Wakil Walikota Padang, yakni menciptakan masyarakat Kota Padang yang madani berbasis pendidikan, perdagangan dan pariwisata unggul serta berdaya saing. Selain itu pembinaan untuk meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Dinas Pariwisata Kota Padang Damanik yang menjadi narasumber mengatakan, dibutuhkan sinergi dan peran serta lintas OPD untuk memaksimalkan pembangunan pariwisata khususnya sarana dan prasarana.

"Pemerintah tidak akan sanggup bekerja sendiri, karena sektor pariwisata memerlukan sentuhan berbagai pihak terlebih anggaran untuk sarana dan prasarana," ujarnya.

Untuk itulah, menurut Damanik, dengan keberadaan Pokdarwis yang aktif dapat mengembangkan potensi wilayahnya masing-masing, sehingga masuknya program dari berbagai pihak, salah satunya melalui dana pokok pikiran anggota dewan.

Damanik berpesan kepada pengurus Pokdarwis agar dapat menggali potensi, mengemas dan memoles menjadi sesuatu yang ikonik sehingga mampu menjadi daya tarik dan nilai jual wisata wilayah tersebut. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar