MITRA VALORA NEWS

Rabu, 2020-08-05 07:37 WIB

Gempabumi Tektonik 5,2 SR Menggoncang, Episenter di Laut Pessel

<p>Gempabumi Tektonik 5,2 SR Menggoncang, Episenter di Laut Pessel<p>

VALORAnews - Wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera, diguncang gempa tektonik dengan magnitudo 5,1 Skala Richter (SR), Rabu (5/8/2020), pukul...

Padang Akan Kembangkan Wisata Pukek

Sri Wahyeni | Rabu, 06-01-2016 | 16:09 WIB | 1080 klik | Kota Padang
<p>Padang Akan Kembangkan Wisata Pukek<p>

MAMUKEK-Nelayan di Pantai Padang menyiapkan pukek untuk menangkap ikan di laut

VALORAnews-- Berada di tepi Samudera Hindia, Kota Padang memiliki objek wisata andalan yakni Pantai Padang. Wisata laut yang akan dikembangkan dan berpotensi menjadi daya tarik bagi pelancong yakni Wisata Pukek.

Sekdako Padang Nasir Ahmad menyebutkan Wisata Pukek bisa dikembangkan setelah sepanjang Pantai Padang telah benar-benar steril dari pedagang. Sehingga nantinya para pengunjung dapat leluasa berwisata di Pantai Padang.

"Semuanya ini kita rancang setelah sepanjang Pantai Padang kosong dari pedagang dan bangunan liar," tukas Nasir Ahmad. (Baca Juga: http://www.valora.co.id/berita/2617/batu-grib-pantai-padang-harus-steril.html)


Pukek atau pukat, merupakan jaring atau jala besar untuk menangkap ikan. Rencananya, beberapa nelayan yang ada di Pantai Padang yang memiliki 'pukek' akan dioperasionalkan untuk mendukung "Wisata Pukek" ini. Pukat itu nantinya disewakan kepada para pengunjung yang ingin mencoba menjala ikan di pantai.

"Teknisnya nanti pukek disewakan ke pengunjung dalam bentuk grup atau tim. Kemudian pemilik pukek akan membantu pengunjung membawa 'pukek' tersebut ke tengah laut dan dilepas. Uniknya nanti pengunjung berbentuk tim atau grup ini akan menarik pukek tersebut dari pinggir pantai," papar Sekda.

Untuk biaya sekali sewa pukek tersebut, Pemko Padang akan mencoba memfasilitasi aturan main sewa pukek itu dengan pemilik pukek tersebut. Satu grup akan dikenakan tarif yang sesuai dan wajar. "Hasilnya nanti oleh pemilik pukek bukan lagi ikan, akan tetapi sewa pukek kepada pengunjung," ujar Sekda.

Dikatakan Sekda hal ini akan menarik pengunjung untuk datang ke Pantai Padang. Selain menjadi salah satu destinasi wisata, ini juga akan menjadi spesifikasi tersendiri dan cukup langka, sehingga dapat dinikmati masyarakat.

"Selama ini masyarakat hanya bisa melihat nelayan mamukek, tanpa bisa merasakan bagaimana rasanya mamukek. Kini dengan adanya Wisata Pukek, pengunjung dapat menikmati dan merasakan langsung bagaimana cara mamukek itu sendiri. Dan dengan ini kita harapkan juga menjadi salah satu bahagian tambahan pendapatan bagi nelayan di Pantai Padang," pungkas Sekda. (relis)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar