MITRA VALORA NEWS

Minggu, 2020-07-12 10:09 WIB

Zainal Tuanku Mudo Terpilih Aklamasi jadi Ketua Tanfidziyah

<p>Zainal Tuanku Mudo Terpilih Aklamasi jadi Ketua Tanfidziyah<p>

VALORAnews - Konferensi Cabang (Konfercab) NU Kabupaten Padangpariaman, berhasil memilih Rais Syuriah yang dipercayakan pada Masrican Tuanku Marajo...

Pakar Sejarah Bilang Padang Makin Populer

Sri Wahyeni | Senin, 25-04-2016 | 12:31 WIB | 1081 klik | Kota Padang
<p>Pakar Sejarah Bilang Padang Makin Populer<p>

Prof DR Phil Gusti Asnan (Sejarawan)

VALORAnews---Pamor Kota Padang meroket sejak terselenggaranya dua helat internasional IORA dan MNEK. Pakar Sejarah dan Budaya Prof Gusti Asnan menilai Kota Padang semakin populer di dunia kemaritiman.

"Kepopuleran ini dapat dibuktikan dari situs pencari google saat mengetikkan nama Padang maka akan dikaitkan dengan kemaritiman," kata dia, Sabtu (23/4/2016).

Disebutkan, dunia kemaritiman Padang memang sudah cukup dikenal sejak abad 19-20an. Bahkan, dunia internasional mencatat Padang sebagai kota pelabuhan terbesar di pantai barat Indonesia.


"Ada saat itu pelabuhan utama yakni Pulau Pisang tercatat sebagai pelabuhan pertama di luar Jawa yang bertipe A. Selain itu pada rentang abad tersebut Padang juga dikenal sebagai kota tersibuk dalam jalur perdagangan," ujarnya.

Pascagempa di Aceh 2004 hingga gempa di Padang 2009, sorotan dunia kepada Padang mulai kembali. Banyak peneliti dunia kemaritiman berdatangan untuk melakukan penelitian terkait gempa, tsunami dan potensi sumber daya. Hasilnya Padang, Pesisir Selatan, Mentawai dan Pariaman memiliki potensi kemaritiman yang cukup besar.

Hal inilah, katanya yang dimanfaatkan oleh Presiden RI Joko Widodo untuk memperkuat kebijakan Kemaritiman di Indonesia, dan dampaknya cukup positif serta menguntungkan.

"Tinggal pemerintah lokal mengembangkan potensi dan kepopuleran tersebut untuk meraih beragam pencapaian yang menyejahterakan masyarakatnya," ujarnya.

Senada dengan itu Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan bahwa perhelatan IORA dan MNEK menjadikan kesempatan kota tersebut berbicara di dunia internasional.

Menurutnya kesempatan itu akan digunakan Padang untuk meningkatkan bidang kepariwisataan. Diharapkan kepopuleran Padang ini, kata dia bisa menarik lebih banyak wisatawan asing dan domestik berkunjung. (vri)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar